Aphorisms Education
""

Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Batin | Menyapa 68 Tahun Kemerdekaan Indonesia
Home » » Impian Semeru

Impian Semeru


Bagi Anda yang memiliki rencana melakukan perjalanan pendakian ke gunung tertinggi di Pulau Jawa yaitu Semeru, sebaiknya Anda memperhatikan berbagai aturan dan rute/jalur pendakian demi keamanan dan keselamatan diri anda maupun kelompok pendaki gunung. Umumnya kecelakaan yang dialami oleh para pendaki saat melakukan pendakian di Gunung Semeru dikarenakan mengabaikan berbagai peringatan dan aturan yang sudah ditetapkan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).Berikut alur biaya perjalanan sesampai di lokasi, diantaranya adalah:

Biaya Masuk
Biaya masuk ini akan dikenakan kepada semua pengunjung baik, pengunjung yang hanya ingin berwisata maupun yang ingin melaksanakan pendakian. Biaya masuk ini akan dikenakan saat akan memasuki Pos Ranu Pani.
Bagi pengunjung yang akan melakukan pendakian, dikenai biaya Rp 7.000 bagi pengunjung domestik biasa dengan rincian karcis masuk Rp 2.500, surat izin Rp 2.500, dan asuransi jiwa Rp 2.000. Sedangkan bagi yang berstatus pelajar dipungut biaya sebesar Rp 5.750 dengan rincian karcis masuk Rp 1.250, surat izin Rp 2.500, dan asuransi jiwa Rp 2.000. dan bagi wisatawan asing dikenakan bea masuk sebesar Rp 24.500 per orang: tiket Rp 20.000, permit Rp 2.500, dan asuransi Rp 2.000.
Bagi para pendaki yang akan melakukan pendakian secara berkelompok, prose prijinannya cukup diwakili koordinator kelompok dengan menyerahkan fotokopi kartu tanda penduduk, daftar nama pengunjung, surat keterangan sehat, dan daftar barang bawaan pengunjung.

Jalur Pendakian
Pos pertama yang akan dilalui adalah Resor Ranu Pani atau Pos Ranu Pani yang sekaligus menjadi pos awal masuk, pengurusan perijinan, pengecekan peralatan, pengecekan pengunjung. Pos ini berada di ketinggian 2.200 meter dari permukaan laut (mdpl).
Pos Kedua adalah Landengan Dowo (2.270 mdpl) yang berjarak sekitar 3 kilometer dari Ranu Pani dengan waktu tempuh sekitar 60 menit. Landengan merupakan lokasi jalur pendakian pertama yang didominasi pohon akasia.
Selanjutkan, akan menuju ke Watu Rejeng yang memiliki ketinggian sekitar 2.300 mdpl yang dapat ditempuh sekitar 90 menit dari Ranu Pani. Watu Rejeg merupakan jalur pendakian menuju Ranu Kumbolo, dengan panorama dinding batu setinggi sekitar 100 meter.
Ranu Kumbolo, dilokasi ini Anda berada diketinggian sekitar 2.390 mdpl yang juga merupakan basecamp untuk beristirahat dan jangan lupa juga untuk menikmati pesona alam Ranu Kumbolo.
Setelah dari Ranu Kumbolo, Anda akan menuju Oro-oro Ombo dengan ketinggian 2.460 mdpl, selanjutnya menuju Cemoro Kandang yang merupakan area vegetasi cemara gunung dan berada di ketinggian 2.500 mdpl.
Kemudian dilanjutkan menuju Jambangan, lokasi ini memiliki ketinggian sekitar 2.700 mdpl. Jalur ini didominasi dengan pohon mentigi dan padang rumput atau sabana. Setelah dari Jambangan, Anda akan menuju ke Kalimati yang memiliki ketinggian 2.800 mdpl, lokasi ini juga bisa dijadikan tempat mendirikan tenda untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan
Sebelum Anda mencapai Puncak Mahameru yang memiliki ketinggian sekitar 3.676 mdpl, terlebih dahulu akan menuju kawasan Arcapodo (2.900 mdpl). Di kawasan Arcapodo, Anda bisa juga beristirahat sejenak untuk menikmati pesona dan keindahan alam Gunung Semeru sebelum melanjutkan perjalanan menuju Puncak Mahameru sebagai kawasan tertinggi untuk menikmati kebesaran Tuhan atas eksotisme Gunung Semeru.

Academy Qualification

Academy Qualification
 
My Others Blog : BIOLOGIPEDIA | SMART CORNER | FARTHANET
Copyright © 2013. Fajar Martha - All Rights Reserved
Design and Content by Fajar Martha, S.Pd and Friends
Phone: 085691418286 | Email: fajarmartha89@gmail.com